Bom Memilukan Di Sarinah - Dreaming Post
Online Media Realiable // Layak dibaca dan perlu!!
Home » , » Bom Memilukan Di Sarinah

Bom Memilukan Di Sarinah

Written By Dre@ming Post on Jumat, 15 Januari 2016 | 09.03

Polisi memeriksa puing-puing di lokasi setelah ledakan menghantam kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, 14 Januari 2016. Serangkaian ledakan menewaskan sejumlah orang, terjadi baku tembak antara polisi dan beberapa orang yang diduga pelaku.
Tayangkan Berita "Hoax" dan Visual Tak Layak, 3 Stasiun TV Diberi Sanksi KPI

JAKARTA - Adanya sejumlah liputan yang ditayangkan televisi dan radio terkait aksi teror bom Sarinah dianggap melanggar pedoman penyiaran.

Komisi Penyiaran Indonesia pun menjatuhkan sanksi tertulis pada sejumlah stasiun televisi dan satu lembaga penyiaran karena tayangan peliputan teror bom Sarinah.

KPI memberi sanksi tertulis pada tiga stasiun televisi dan satu lembaga penyiaran radio atas pelanggaran Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) KPI 2012 dalam peliputan ledakan yang terjadi di Sarinah.

Stasiun televisi yang mendapatkan sanksi yaitu TV One, Indosiar, dan iNews. Sementara stasiun radio yang dijatuhkan sanksi KPI yaitu Elshinta.

KPI menemukan pelanggaran P3 dan SPS dalam program jurnalistik “Breaking News” di TV One. Program itu menampilkan visualisasi mayat yang tergeletak di dekat Pos Polisi Sarinah, lokasi terjadinya ledakan.

Gambar tersebut ditayangkan tanpa adanya penyamaran (blur) sehingga terlihat secara jelas visualisasi itu.

Selain itu, pada program itu pula ditampilkan informasi yang tidak akurat alias hoax tentang “Ledakan Terjadi di Slipi, Kuningan, dan Cikini”.

"Kalimat yang tampil di layar ini, meskipun kemudian dikoreksi, tentunya telah menimbulkan keresahan masyarakat," kata Komisioner KPI Pusat Bidang Pengawasan Isi Siaran, Agatha Lily, dalam keterangan tertulis, Kamis (14/1/2016) malam.

"Hal ini melanggar prinsip-prinsip jurnalistik tentang akurasi berita serta larangan menampilkan gambar korban atau mayat secara detail," ujarnya.

Hal serupa juga ditemukan KPI pada program jurnalistik “Patroli” di Indosiar. Pada pukul 11.05 WIB, KPI mendapati adanya tampilan potongan gambar yang memperlihatkan visualisasi mayat yang tergeletak di dekat Pos Polisi Sarinah.

Gambar tersebut ditayangkan tanpa disamarkan (blur) sehingga terlihat secara jelas.

KPI menilai penayangan tersebut tidak layak dan tidak sesuai dengan etika jurnalistik, serta mengakibatkan ketidaknyamanan terhadap masyarakat yang menyaksikan program tersebut.

Visualisasi mayat korban ledakan juga ditemukan pada program "Breaking News" di iNews TV. Selain itu, program ini juga menampilkan informasi yang tidak akurat pada “Ledakan Juga Terjadi di Palmerah”.

"Padahal, berita tentang ledakan di tempat lain itu tidak benar," tutur Agatha.

Sanksi untuk satu stasiun radio

Sementara untuk stasiun radio Elshinta, didapati beberapa kali menyampaikan berita bahwa terjadi ledakan di beberapa lokasi selain yang terjadi di kawasan Sarinah, Thamrin.

KPI menilai telah terjadi pelanggaran prinsip jurnalistik seperti yang telah diatur dalam P3 & SPS oleh keempat lembaga penyiaran ini.

Sanksi administratif berupa teguran tertulis telah dilayangkan KPI pada lembaga penyiaran yang disebut di atas.

KPI berharap penjatuhan sanksi ini dapat dijadikan pelajaran bagi lembaga penyiaran lainnya.

"Lembaga penyiaran harus menyadari fungsi yang diembannya dalam penyelenggaraan penyiaran, yakni memberikan informasi yang benar, seimbang, dan bertanggung jawab," ujar Agatha.

Ada Tembakan dan Ledakan, Tukang Sate Itu Tetap Layani Pelanggan

JAKARTA - Penjual sate di Jalan Sabang, Jakarta Pusat, itu terlihat tenang dan serius saat mengipasi sate di balik gerobaknya, Kamis (14/1/2016) siang.

Jamal, nama pria berusia 66 tahun itu. Ia seolah tak terganggu dengan hiruk pikuk yang terjadi tidak jauh dari tempatnya berjualan.

Padahal dari terdengar beberapa kali suara ledakan dan baku tembak yang terjadi di sekitar gedung Sarinah, Jalan MH Thamrin.

Seolah tak terusik, Jamal, yang dibantu istrinya, Heni, tetap melayani beberapa pelanggan, yang juga tampak santai menikmati sate racikan Jamal.

Tidak takutkah Jamal?

Jamal mengaku mendengar suara ledakan pertama, yang terjadi sekitar pukul 10.40 WIB.

"Ada suara duaarr. Awalnya saya kira itu cuma suara petir, enggak lama ada suara itu lagi dan orang-orang pada lari, baru deh saya tahu kalau suara itu bom," kata Jamal, Kamis siang.

Heni mengakui ia dan suaminya sebenarnya ingin menjauhi lokasi ketika mendengar suara ledakan.

"Kami pas dengar suara yang kedua dan lihat orang-orang lari, awalnya sempat mau ikut lari juga. Cuma setelah ingat dagangan, kami enggak jadi ikutan lari," ujar Heni, yang mengaku sudah berjualan di kawasan Sabang sejak 1974.

Rupanya keberadaan Jamal dan ketenangannya tertangkap mata seorang netizen. Sebuah akun Path menggunakan nama Wimpy menulis kesannya.

"The satay booth just about 100 meter from terrorist attack area just 2 hours ago and this guy still grill his satay and people keep ordering the satay. This is Jakarta!!! You can't terror Jakarta people!!! Fear is not in our dictionary."

Atau bila diterjemahkan berbunyi "Gerobak sate itu hanya sekitar 100 meter dari lokasi serangan teroris hanya dua jam lalu dan peria ini masih membakar satenya dan orang-orang tetap memesan satenya. Inilah Jakarta!!! Anda tidak bisa meneror warga Jakarta!!! Kata takut tidak ada dalam kamus kami."

Posting Wimpy pun menjadi viral. Beberapa posting serupa, yang menggambarkan "aktivitas bisnis kecil" seolah tak terganggu di sekitar Sarinah, bermunculan.

Ada foto-foto pedagang asongan yang berjualan di tengah kerumunan warga yang menonton baku tembak antara teroris dengan aparat kepolisian.

Foto-foto lain menunjukkan warga yang nekat menonton baku tembak itu. Mereka seperti seolah tidak khawatir terkena peluru nyasar.

Mendagri: Korban Bom Sarinah Dibiayai Negara

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, akan mengupayakan korban insiden penyerangan dan bom di kawasan Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat, pada Kamis (14/1/2016), mendapat pembiayaan penuh dari negara.

Pembiayaan ini berlaku bagi korban, baik yang berasal dari unsur polisi maupun sipil.

"Kami meminta Presiden dan Kapolri agar para korban dibiayai penuh," kata Tjahjo, saat mengunjungi korban bom Sarinah di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta, Kamis.

Korban yang menjalani perawatan di RSCM yang terkait peristiwa itu ada empat orang. Mereka terdiri atas seorang polisi dan tiga warga sipil.

Direktur Utama RSCM Heriawan Soejono mengatakan, tidak dapat menjelaskan kondisi korban secara rinci. Salah satu alasannya belum mendapat izin dari pihak keluarga korban.

RSCM, kata dia, telah menyiapkan berbagai hal terkait kelengkapan medis untuk menangani para korban insiden di kawasan Sarinah.

Diberitakan, aksi peledakan bom dan penembakan terjadi di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat. Polisi menduga pelaku teror peristiwa ledakan dan baku tembak itu memiliki kerterikatan dengan kelompok bersenjata ISIS.

"Dugaan kuat kami, ini dari kelompok ISIS. Pelaku kemungkinan WNI semua," kata Kadivhumas Polri Irjen Anton Charliyan.

Sejauh ini, polisi mencatat 26 orang menjadi korban, terdiri atas korban meninggal dan luka-luka.

Ini Kronologi Serangan Teror di Kawasan Sarinah Versi Polda Metro Jaya

JAKARTA - Polda Metro Jaya merilis kronologi serangan bom dan tembakan di sekitar gedung Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (14/1/2016).

"Pada hari Kamis tanggal 14 Januari 2016 pukul 10.30 telah terjadi ledakan yang diduga bom di pos lantas lampu merah TL Sarinah dan terjadi aksi saling tembak antara petugas kepolisian dan kelompok teroris di halaman Starbuck Gedung Cakrawala," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Mohammad Iqbal di Jakarta, Kamis malam.

Iqbal mengatakan, saksi kejadian itu adalah seorang petugas keamanan Gedung Sarinah. Namun Iqbal tidak mengungkap identitas satpam tersebut.

- Pukul 10.30 WIB: Enam orang memakai ransel ingin masuk ke Gedung Sarinah dan setelah dilakukan penggeledehan diperkirakan mereka membawa bom.

Keenam orang itu kemudian dibawa ke pos polisi di lampu merah perempatan Sarinah. Di situlah tiga orang di antaranya meledakkann diri. Sementara tiga orang lainnya melarikan diri ke dalam Starbucks Coffee di Gedung Cakrawala.

- Pukul 11.40 WIB: Terjadi baku tembak antara polisi dengan para teroris. Setelah situasi diperkiraka aman, petugas gabungan menyisir Gedeng Cakrawala dan sekitarnya untuk membersihkan serta memastikan apakah masih ada bom atau teroris yang bersembunyi di dalam gedung itu.

- Pukul 11.44 WIB: Kapolda Metro Jaya memimpin penyisiran di Gedung Cakrawala dan memerintahkan agar setiap orang yang ada di tiap lantai gedung itu diperiksa dan membuka baju.

- Pukul 11.52 WIB: Petugas yang berada di lantai atas Gedung Cakrawala kembali mengeluarkan beberapa kali tembakan. Saat itu para petugas gabungan masih melakukan penyisiran di Gd. Cakrawala dan melarang semua warga sipil mendekat ke TKP.

- Pukul 13.00 WIB: Rombongan Panglima TNI, Pangdam Jaya dan Waka Polri tiba di lokasi.

- Pukul 13.15 WIB: Tim Inafis PMJ melakukan olah tempat kejadian perkara di pos polantas MH Thamrin dan Starbucks Gedung Cakrawala.

- Pukul 14.00 WIB: Hasil penyisiran terhadap orang-orang yang berada di dalam Gedung Cakrawala, setelah didata dan diperiksa oleh petugas kepolisian, selanjutnya mereka diperbolehkan pulang.





sumber : kompas
Share this article :

Visitors Today

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dreaming Post - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Sorga 'n Neraka